Instal ulang Windows 10 Tanpa Menghapus Perangkat Lunak, File atau Pengaturan Anda

Advertisements

Kami baru-baru ini mengalami instalasi Windows 10 dengan file sistem yang korup ke titik di mana bagian tertentu dari aplikasi Pengaturan akan ditutup secara otomatis ketika dibuka, di antara bug lain di sekitar platform.

Setelah mencoba opsi perbaikan biasa, kami menggunakan Windows 10 ISO untuk melakukan peningkatan di tempat, menginstal ulang Windows 10 sambil menjaga aplikasi kami dan semua.

Jika ini terdengar familier, kami telah membahas proses serupa menggunakan opsi "Reset this PC" bawaan Windows 10, tetapi itu menghapus program Anda dan hanya menyimpan file dan pengaturan Anda pada sistem operasi yang baru diinstal, sedangkan sekali lagi, di tempat upgrade bahkan menjaga perangkat lunak yang telah Anda instal

 

 

Menjalankan pemutakhiran di tempat bekerja untuk memperbaiki instance Windows 10 kami yang tidak dapat diperbaiki dengan perintah Command Prompt seperti SFC / scannow dan DISM / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth - tidak ada yang akan menyelesaikan operasi mereka pada kami instalasi.

Instalasi ulang dapat dimulai dari dalam Windows menggunakan file setup.exe pada Windows 10 ISO / USB drive atau dari alat Media Creation, dan prosesnya memakan waktu sekitar setengah jam untuk selesai pada PC desktop kami.

 

 

Karena bahkan aplikasi Anda tetap pada instalasi yang dihasilkan, jika semua berjalan sesuai rencana, Anda tidak perlu melakukan banyak setelahnya dan itu tentu saja jalan dengan resistensi yang lebih rendah dibandingkan dengan menginstal ulang Windows sepenuhnya.

 

Memulai dengan pembaruan di tempat

 

Sebagai permulaan, pemutakhiran di tempat bukanlah suatu pilihan jika Anda tidak dapat mem-boot instalasi Anda. Anda harus masuk ke akun Windows dan akun itu harus memiliki akses administrator. Jika Anda bukan admin, Anda akan diminta kredensial saat meluncurkan penginstal.

Untuk memeriksa apakah Anda memiliki akun admin, cari Mulai untuk "ubah jenis akun" atau buka Control Panel \ Akun Pengguna \ Akun Pengguna \ Kelola Akun \ Ubah Akun \ Ubah Jenis Akun di mana semua akun pada instalasi Windows Anda seharusnya terdaftar dan mereka yang memiliki akses tingkat admin akan mengatakan "Administrator."

Klik dua kali akun Anda dan kemudian klik "Ubah tipe akun" untuk opsi untuk beralih dari pengguna Standar ke Administrator.

Anda juga dapat menemukan informasi ini dengan mencari Mulai untuk Netplwiz.exe. Dengan aplikasi yang terbuka, pilih akun Anda dan pergi ke Properties kemudian tab Keanggotaan Grup untuk beralih pengguna / Administrator Standar.

Jika Anda tidak dapat menjadikan akun Anda administrator, perhatikan bahwa akun administrator Windows dinonaktifkan secara default dan dapat diaktifkan dari Command Prompt yang lebih tinggi:

 

     -administrator pengguna net / aktif: ya | mengaktifkan akun administrator (relog)

     -pengguna bersih | daftar semua akun Windows termasuk akun administrator

 

 

Sebagai persyaratan lain untuk peningkatan di tempat, Windows ISO / USB drive / Creation Tool Anda harus berisi edisi yang sama dengan sistem operasi Anda (atau yang lebih baru), serta bahasa dan arsitektur yang sama (32/64-bit).

Anda juga akan memerlukan beberapa penyimpanan cadangan di drive Windows - sekitar 8GB saat kami uji.

Mudahnya, langkah dalam instalasi ini akan membantu Anda dengan informasi penyimpanan, menampilkan penggunaan kapasitas untuk berbagai area sistem operasi Anda, dan Anda juga dapat memilih perangkat penyimpanan sekunder / eksternal dari menu drop-down dari setiap drive yang terhubung ke PC Anda.

Meskipun Anda akan menyimpan semua file dan perangkat lunak Anda, instalasi ulang akan menghapus item-item tertentu seperti font khusus, ikon sistem dan kredensial Wi-Fi. Namun, sebagai bagian dari proses, pengaturan juga akan membuat folder Windows.old yang seharusnya memiliki segalanya dari instalasi sebelumnya.

Jika Anda memiliki sistem UEFI dengan Boot Aman diaktifkan, disarankan agar Anda menonaktifkan Boot Aman sebelum memulai upgrade di tempat dan kemudian mengaktifkan kembali fitur sesudahnya.

 

Sebenarnya memulai upgrade di tempat

 

Mulai pengaturan Windows (setup.exe) dengan memasang ISO atau membuka drive instalasi USB Windows dari File Explorer.

Windows 10 memiliki dukungan asli untuk memasang ISO dengan mengklik kanan dan memilih Mount atau dengan menggunakan perintah PowerShell berikut (instalasi kami sangat rusak sehingga opsi klik kanan tidak tersedia bagi kami):

 

Mount-DiskImage -ImagePath "C: \ FileName.ISO"

 

Setelah meluncurkan setup.exe atau alat Media Creation, Anda akan memiliki pilihan untuk meningkatkan sekarang atau untuk membuat instalasi ISO / USB drive - Anda ingin Upgrade PC ini sekarang. Anda mungkin diminta untuk mengunduh pembaruan sebelum opsi ini tersedia.

Pemasang akan melakukan beberapa pengaturan / pemindaian awal dan pada akhirnya bertanya apa yang ingin Anda simpan pada salinan Windows yang baru.

Jika Anda ingin menyimpan perangkat lunak yang saat ini diinstal pada sistem operasi yang diperbaiki, pastikan "aplikasi" terdaftar dan tidak hanya "file" (Simpan file dan aplikasi pribadi).

Sisa peningkatan di tempat sama dengan menunggu sekitar setengah jam bagi Windows untuk menginstal ulang, yang mem-boot ulang sistem kami beberapa kali dan tidak memerlukan intervensi lebih lanjut dari kami.

Ketika selesai, Anda akan memuat kembali ke lingkungan Windows yang sama di mana Anda awalnya memulai "upgrade," kecuali dengan file sistem operasi yang baru diinstal yang harus bebas bug.

 

Setelah menyelesaikan upgrade di tempat

 

Seperti disebutkan sebelumnya, meskipun instalasi ulang ini mempertahankan perangkat lunak dan pengaturan Anda, proses membuat folder Windows.old dengan data dari salinan Windows Anda sebelumnya. Folder ini menempati sejumlah besar penyimpanan dan tidak mudah dihapus langsung dari File Explorer, meskipun Anda dapat menelusuri konten di C: \ Windows.old.

Disk Cleanup dapat menghapus folder Windows.old serta file instalasi sementara lainnya yang digunakan dalam pengaturan: Cari menu Start untuk Disk Cleanup dan kemudian klik "Bersihkan file sistem" untuk menjalankan pemindaian sekunder yang akan menemukan file sampah Windows.

Ketika kami memindai setelah upgrade di tempat, Disk Cleanup menemukan 3,61GB "Instalasi Windows sebelumnya" dan "MB file log upgrade Windows 225MB."

Jika Anda benar-benar kehabisan ruang penyimpanan, kami telah menemukan bahwa perangkat lunak pihak ketiga seperti Wise Disk Cleaner akan menghapus lebih banyak data daripada Pembersihan Disk, dan alat tertentu itu bahkan menghapus lebih dari CCleaner.

Selain menghapus kelebihan data Windows, Anda mungkin harus masuk kembali ke jaringan Wi-Fi Anda dan Anda mungkin harus menginstal beberapa pembaruan Windows jika Anda tidak menggunakan Windows ISO terbaru. Namun, itu seharusnya tentang sejauh mana pekerjaan Anda setelah instalasi upgrade / perbaikan di tempat.

 

  • Share