Sebuah Kompilasi dari Tips Prompt Perintah, Trik & Hal Keren yang Dapat Anda Lakukan

Advertisements

Kadang-kadang pengaturan dapat diterapkan dengan mengetikkan beberapa karakter alih-alih mengklik serangkaian menu, sementara di waktu lain tidak ada cara lain untuk melakukan operasi kecuali dengan baris perintah.

Kami telah menyusun daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan di Prompt Perintah Windows, termasuk beberapa perintah yang harus diketahui semua orang untuk penggunaan umum, yang lebih canggih untuk mengubah atau mengatasi masalah PC Anda, serta fitur Prompt Perintah yang kurang dikenal dan kurang praktis. Daftar tips dan trik kami di bawah ini telah disusun dari yang paling singkat dan paling berguna, hingga yang lebih kompleks dan berisiko ...


Hentikan perintah apa pun di tengah operasi

 

Karena Anda mungkin menguji beberapa perintah ... menekan Ctrl + C akan membatalkan perintah yang sudah Anda masukkan dan memungkinkan Anda untuk mulai mengetik yang lain, sementara mengetikkan cls akan menghapus jendela saat ini dari setiap perintah yang telah Anda masukkan.


Tahukah Anda ada menu pengaturan?

 

Klik kanan bilah judul dan buka Properti untuk pengaturan yang mencakup kemampuan untuk mengubah font, tata letak, dan warna Command Prompt Anda, serta opsi seperti mode Edit Cepat, yang secara otomatis akan menempelkan teks dari clipboard Anda ketika Anda mengklik kanan di jendela.

Bonus: Anda dapat menyesuaikan teks di bilah atas dengan mengetikkan judul diikuti oleh teks yang Anda inginkan (contoh: judul Judul saya ditempel dengan mode Edit Cepat).

 

 

Pintasan keyboard Prompt Perintah

 

Mengetuk panah atas dan bawah pada keyboard Anda akan menggilir perintah yang sebelumnya Anda masukkan. Pintasan lainnya:

Tab: Ketika Anda mengetik lintasan folder, tab akan melengkapi secara otomatis dan menelusuri direktori
Ctrl + M: Mengaktifkan Mark Mode yang memungkinkan Anda memindahkan kursor ke segala arah dengan tombol panah
Ctrl + C atau V: Pada Windows 10, Anda dapat menyalin dan menempel dengan kontrol C dan V seperti di tempat lain di sekitar OS
Ctrl + F: Demikian juga, kontrol + F sekarang memungkinkan Anda mencari teks di Command Prompt
Ctrl + Shift + Scroll pada mouse Anda: Menambah atau mengurangi transparansi jendela (tombol + dan - juga berfungsi)
Alt + Enter: Mengaktifkan mode layar penuh tanpa bilah judul ditampilkan di atas (F11 juga berfungsi seperti di tempat lain di Windows)
Seret dan lepas folder untuk menyisipkan jalur direktori

Jalur direktori tidak harus diketik di tempat pertama. Selain dapat menyalin / menempelkan teks dan tab melalui direktori, Anda dapat menarik dan menjatuhkan folder langsung ke jendela Command Prompt untuk secara otomatis memasukkan lokasi.

 

Tombol fungsi F1-F9 juga merupakan pintasan

 

Tombol fungsi (F) di bagian atas keyboard Anda juga merupakan pintasan yang sebagian besar memasukkan kembali perintah sebelumnya tanpa mengetik ulang.

    F1: Mengetuk atau menahan tombol ini akan mengetik ulang perintah yang baru saja Anda masukkan huruf demi huruf.
    F2: Menyalin perintah saat ini hingga karakter yang ditentukan.
    F3: Ulangi sepenuhnya baris sebelumnya yang Anda masukkan.
    F4: Kebalikan dari F2 - otomatis dihapus hingga karakter yang ditentukan (kursor Anda harus di depan teks).
    F5: Ketik ulang perintah sebelumnya seperti F3 tetapi memungkinkan Anda menggilir banyak baris dalam riwayat perintah Anda.
    F6: Sisipkan Ctrl + Z (^ Z) di Command Prompt, yang merupakan indikasi akhir file (teks setelah ini diabaikan)
    F7: Membuka daftar perintah yang dimasukkan sebelumnya yang dapat Anda pilih.
    F8: Bekerja seperti F5 tetapi tidak berhenti di akhir riwayat perintah Anda, berputar kembali ke awal.
    F9: Memungkinkan Anda mengetik ulang perintah sebelumnya dengan memasukkan nomor yang terkait dengan garis.

 

Masukkan beberapa perintah sekaligus

 

Menambahkan && antar perintah akan memungkinkan Anda memasukkan banyak baris sekaligus untuk dieksekusi secara berurutan. Contoh:

    daftar tugas && netstat -b

Lihat setiap proses berjalan dan terhubung

 

Memasukkan perintah tasklist akan mencantumkan semua proses yang berjalan pada mesin Anda bersama dengan detail seperti pengidentifikasi proses dan penggunaan memori, sementara netstat -b akan menghasilkan daftar semua proses dengan koneksi jaringan yang sudah mapan.

 

 

Daftar setiap driver perangkat di PC Anda

 

Ada banyak cara untuk membuat daftar driver di Command Prompt, berikut ini satu baris yang menyertakan informasi tambahan seperti status perangkat dan lokasi folder / nama file driver terkait:

    driverquery / daftar FO / v

Keluarkan hasil ke file teks atau clipboard

 

Anda dapat menyimpan output dari suatu perintah seperti tasklist atau driverquery ke file teks baru dengan menambahkan> bersama dengan direktori dan nama file. Contoh:

    driverquery> C: \ Users \ TechSpot \ Desktop \ output.txt

Hapus file sementara dari drive Anda

 

Beberapa file sementara pada drive Anda dapat dihapus dengan perintah berikut (/ q menjalankan operasi tanpa konfirmasi konfirmasi, / f mengabaikan atribut read-only dan memaksa penghapusan, / s menghapus konten dari semua sub-folder):

    -Hapus file pengguna sementara: del / q / f / s% temp% \ *
    -Hapus file sistem sementara (memerlukan hak admin): del / s / q C: \ Windows \ temp \ *
   -... Atau jalankan bersama: del / q / f / s% temp% \ * && del / s / q C: \ Windows \ temp \ *

Jika itu tidak mengosongkan penyimpanan yang cukup, berikut adalah lebih banyak lokasi folder temp, dan kami baru-baru ini membahas banyak cara untuk mengosongkan ruang pada Windows, termasuk metode Command Prompt untuk meluncurkan alat Pembersihan Disk canggih dan lainnya untuk menonaktifkan hibernasi dengan menghapus file sistem fitur (hiberfil.sys).


Buka keyboard di layar Windows

 

Memasukkan osk ke dalam Command Prompt akan membuka keyboard Windows di layar yang memungkinkan Anda mengklik tombol dengan mouse alih-alih mengetiknya.
Matikan PC Anda pada waktu tertentu

Perintah "shutdown" dapat digunakan dengan serangkaian sakelar ke shutdown, reboot, dan lainnya, termasuk kemampuan untuk memaksa aplikasi ditutup, untuk menampilkan pesan saat shutdown, dan untuk menentukan jumlah detik yang Anda inginkan sebelum operasi terjadi . Contoh: shutdown -s -t 3600 akan mematikan PC Anda dalam satu jam.


Buat hotspot Wi-Fi & Temukan kata sandi Wi-Fi Anda

 

Jika adaptor jaringan Anda mendukung fitur ini, Anda dapat mengonfigurasi PC Anda menjadi hotspot nirkabel dari Command Prompt.

Cara memeriksa apakah perangkat keras Anda mampu: Masukkan netsh wlan show driver dan cari baris yang bertuliskan "Dukungan jaringan yang dihosting: Ya."

 

 

Dari sana, Anda dapat mengaktifkan hotspot dengan perintah ini: netsh wlan mengatur hostnetwork mode = allow ssid = YOURSSID key = YOURPASSWORD

Juga masukkan baris ini untuk mengaktifkan hotspot: netsh wlan mulai hostnetwork (berhenti bekerja juga) dan Anda dapat memeriksa status hotspot baru Anda dengan memasukkan netsh wlan show hostnetwork.

Anda mungkin juga harus menavigasi melalui beberapa menu GUI untuk mengaktifkan berbagi koneksi (kami tidak dapat menemukan cara untuk melakukan ini dari Command Prompt): Buka Jaringan dan Berbagi> Ubah pengaturan adaptor (Control Panel \ Network dan Internet \ Network Connections ) dan Anda akan melihat adapter jaringan terhubung ke PC Anda.

Klik kanan perangkat yang terhubung ke Internet (bukan hotspot baru Anda jika terdaftar) dan buka Properties. Di tab Berbagi, centang kotak untuk "Izinkan pengguna jaringan lain terhubung melalui koneksi Internet komputer ini."

 

 

Di antara perintah netsh lainnya, fitur ini dapat menampilkan kata sandi Wi-Fi Anda dengan memasukkan netsh WLAN show profile name = YOURPROFILE key = clear (lihat di bawah Pengaturan keamanan> Konten Kunci).

Baris ini dapat menghapus profil jaringan yang tidak lagi Anda gunakan: netsh WLAN delete profile name = YOURPROFILE


Perintah perbaikan cepat untuk masalah koneksi

 

Kesulitan dengan koneksi Anda? ipconfig memiliki beberapa perintah masuk untuk menyelesaikan masalah:

 

 

-ipconfig / release (Merilis alamat IP lokal Anda yang saat ini dikeluarkan)
   -ipconfig / renew (Meminta alamat IP lokal baru)
    -ipconfig / flushdns (Mengatur ulang konten cache resolver klien DNS)

Untuk masalah terus-menerus dengan koneksi Anda, ada beberapa perintah yang lebih rumit yang patut dicoba. Perhatikan bahwa Anda mungkin harus mengkonfigurasi ulang adapter jaringan Anda dll. Jika Anda memiliki pengaturan manual, terutama ketika mengatur ulang TCP / IP dan Windows Firewall.

Perintah-perintah ini membutuhkan reboot.

    -reset netsh winsock (Mengatur ulang katalog winsock ke keadaan default, menghapus penyedia layanan berlapis - katalog acara winets winetset daftar item ini)
    -netsh int ip reset semua (Menghapus dan menginstal ulang TCP / IP, menulis ulang beberapa kunci registri terkait)
    -reset netsh advfirewall (Memulihkan Windows Firewall ke pengaturan default, menghapus aturan yang sebelumnya dikonfigurasi, dll.)
    -nbtstat -r (Membersihkan isi cache nama NetBIOS dan kemudian memuat kembali entri yang ditandai # PRE dari file Lmhosts)
    -nbtstat -rr (Merilis dan kemudian menyegarkan nama NetBIOS untuk komputer lokal yang terdaftar di server WINS)

 

 

Perintah perbaikan cepat untuk masalah boot

 

Apakah Anda disambut dengan pesan yang bertuliskan "reboot dan pilih perangkat boot yang tepat?" atau "NTLDR hilang" ketika Anda menghidupkan PC Anda? Metode di bawah ini berhasil bagi kami untuk memperbaiki mesin Windows 8 dan harus valid untuk edisi Windows lainnya.

Perhatikan bahwa baris ini harus dimasukkan dalam Command Prompt yang dibuka di lingkungan pemulihan dari luar sistem operasi Anda, seperti dari drive USB yang dapat di-boot dengan media instalasi Windows 10.

     -bootrec / fixmbr
     -bootrec / fixboot
     -bootrec / scanos
     -bootrec / rebuildbcd

 

 

Meskipun urutan itu telah berhasil bagi kami di masa lalu, kami menguji ini pada mesin virtual dengan menghapus partisi sistem yang dicadangkan (tempat informasi boot disimpan) dan mencoba memulihkan keadaan bootable dengan memasukkan baris-baris itu. Sayangnya, akses ditolak untuk bootrec / fixboot dan kami tidak dapat menemukan solusinya, jadi Windows masih tidak dapat memuat.

Namun, perintah bcdboot dan bootsect ini berfungsi untuk membuat boot Windows lagi, meskipun kami baru saja memformat ulang partisi sistem:

    -bcdboot C: \ Windows (Membuat file-file partisi sistem dengan yang disalin dari C: \ Windows. Sementara format ini bekerja dari dalam Windows, lihat catatan di bawah tentang menjalankan perintah ini dari konsol pemulihan di luar Windows).
    -bootsect / nt60 SYS / mbr (Menulis ulang kode boot master pada partisi sistem dan memperbarui record boot master Anda)

* Catatan: Jika Anda mencoba menjalankan bcdboot C: \ Windows dari konsol pemulihan di luar instalasi Windows Anda (seperti dari media instalasi Windows 10), C: \ Windows mungkin D: \ Windows (sistem operasi Anda) sementara C: \ mungkin partisi sistem Anda (info boot). Memasuki diskpart dan kemudian daftar vol akan menampilkan volume drive sehingga Anda tahu apa itu (ketik exit untuk menutup diskpart). Untuk menjalankan operasi bcdboot dari lingkungan pemulihan, Anda menginginkan sesuatu seperti perintah ini: bcdboot D: \ Windows / s C: \

 

 

Catatan kaki ...
Master Boot Record - Sektor pertama pada keseluruhan drive dan berisi boot loader serta informasi tentang partisi pada drive.

Volume Boot Record (alias Partition Boot Sector / System Partition dalam terminologi MS) - Sektor pertama pada partisi yang berisi informasi untuk memuat sistem operasi.


Perintah perbaikan cepat untuk memperbaiki Windows

 

Masih tidak bisa boot ke Windows? Mengalami bluescreens atau bug lain? Windows memiliki alat bawaan untuk memindai dan mengganti file sistem yang rusak:

   -sfc / scannow (dari dalam Windows)
    -sfc / scannow / offbootdir = D: \ / offwindir = D: \ Windows (dari luar Windows, seperti dari drive pemulihan)

Perintah DISM terpisah dapat memindai penyimpanan komponen Windows untuk file yang rusak dan secara otomatis memperbaikinya:

    -DISM / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth (dari dalam Windows)
    -DISM / Gambar: D: \ / Cleanup-Image / RestoreHealth (dari luar Windows)

 

Enkripsi, kompres, atau buat cadangan file

 

File dan folder dapat dienkripsi atau dikompresi dan kemudian tidak dienkripsi dan didekompresi dengan perintah individu cepat untuk setiap operasi - pastikan Anda mengubah tujuan target:

Enkripsi file atau folder: cipher / e C: \ Users \ TechSpot \ Desktop \ Folder (berikut adalah perintah cipher lainnya - / h menerapkan atribut tersembunyi)

Dekripsi file atau folder itu: cipher / d C: \ Users \ TechSpot \ Desktop \ Folder

Kompres file atau folder: compact / c / s: C: \ Users \ TechSpot \ Desktop \ Folder

Dekompresi file atau folder: compact / u / s: C: \ Users \ TechSpot \ Desktop \ Folder

Anda dapat membuat cadangan file semi-inkremental menggunakan robocopy, meskipun ini lebih melibatkan daripada perintah sebelumnya.

Ada utas Pengguna Super hebat yang membahas subjek di mana varian dari perintah yang sama direkomendasikan untuk membuat robocopy melakukan pencadangan file dasar, menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain - tetapi hanya ketika perubahan telah dilakukan.

Inilah perintah yang paling disarankan (lihat tautan untuk penjelasan tentang opsi):

    robocopy C: \ sumber M: \ tujuan / MIR / FFT / R: 3 / W: 10 / Z / NP / NDL

Buat laporan tentang sistem Anda

 

Laporan ini secara terperinci terperinci dan dapat membantu dalam memahami masalah yang melibatkan konsumsi daya sistem atau konektivitas nirkabel Anda.

 

 

powercfg / energy (Menghasilkan laporan tentang efisiensi energi sistem Anda - lokasi laporan disebutkan setelah perintah selesai)

powercfg / batteryreport (Menghasilkan laporan dengan spesifikasi untuk baterai Anda serta statistik dan grafik tentang riwayat penggunaan baterai Anda)

netsh wlan show wlanreport (Menghasilkan laporan dengan spesifikasi untuk perangkat keras nirkabel Anda bersama dengan informasi tentang riwayat koneksi Anda)


Tonton versi ASCII dari Star Wars Episode IV

 

Berbagai layanan telnet sekolah lama masih tersedia, termasuk kemampuan untuk menonton Star Wars Episode IV.

Masukkan telnet towel.blinkenlights.nl ke Command Prompt untuk memulai film (tidak ada suara).

Catatan: Jika perintah tidak dikenali, Anda mungkin harus mengaktifkan telnet. Cari Mulai atau Panel Kontrol untuk "Menghidupkan atau mematikan fitur Windows" dan centang kotak di sebelah Telnet (klik Oke ...).

 

 

Lebih banyak tempat yang bisa Anda kunjungi melalui telnet:

telnet towel.blinkenlights.nl 666 (generator alasan "bajingan dari neraka")

telnet telnet.wmflabs.org (Wikimedia)

telnet rainmaker.wunderground.com (Cuaca Bawah Tanah)

telnet aardmud.org 4000 (Aardwolf)

telnet achaea.com 23 (Achaea)

telnet ateraan.com 4002 (Dunia Baru - Ateraan)

telnet avalon-rpg.com 23 (Avalon: The Legend Lives)

telnet batmud.bat.org 23 (BatMUD)'

 

 

telnet eclipse.cs.pdx.edu 7680 (Bulan Baru)

telnet forgetkingdoms.org 4000 (Forgotten Kingdoms)

telnet freechess.org 5000 (Catur Gratis)

telnet igormud.org 1701 (IgorMUD)

telnet lord.stabs.org 23 (Legenda Naga Merah)

telnet mush.shelteringcolorado.com 2601 (Sheltering Sky: Colorado by Night)

telnet zombiemud.org 23 (MUD Zombie)

  • Share